Halaman

Sabtu, 18 Desember 2010

Tugas Modul 7

LAPORAN DAN TUGAS
PRAKTIKUM LINUX


MODUL VII
WEB SERVER (APACHE)


Disusun oleh :
Amirul Y
123080160
Plug 4


Assisten/Coass
I Putu Jhista M


JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA
FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI
UPN ”VETERAN” YOGYAKARTA
2010

BAB 1
DASAR TEORI

Web server merupakan server yang menangani komunikasi data pada internet melalui jalur world wide web atau html (hyper text markup language). Web server merupakan inti dari server-server di internet, karena sebagian besar permintaan layanan komunikasi berupa HTTP (hyper text transfer protocol). Pada kenyataannya apabila kita mengakses internet maka layanan yang banyak kita gunakan adalah web service, yaitu layanan informasi berbasis web.

Layanan http dapat dilakukan karena kita melakukan request pada host yang ada di internet, dan host tersebut menanggapi dengan mengirimkan informasi yang kita butuhkan berupa kode-kode html yang akan diubah ke bentuk halaman web oleh browser kita.

Apache pertama kali di desain pada sistem Unix, tetapi pada versi berikutnya apache dapat dijalankan pada mesin Windows NT.

Beberapa direktive konfigurasi

Konfigurasi apache sepenuhnya dengan menggunakan file. File utama dalam konfigurasi apache adalah httpd.conf yang secara default instalasi pada ubuntu ada pada /etc/apache2/httpd.conf

Beberapa hal dasar dari setting apache antara lain

  1. Direktive ServerRoot “/etc/apache2”
  1. Direktive Listen 80
  1. Direktive ServerAdmin root@localhost
  1. Direktive DocumentRoot “/var/www/html/”
  1. Direktive DirectoryIndex index.html index.html.var



BAB 2
LAPORAN DAN TUGAS

Web Server adalah sebuah software yang memberikan layanan data yang berfungsi menerima permintaan HTTP atau HTTPS dari client yang dikenal dengan browser web dan mengirimkan kembali hasilnya dalam bentuk halaman - halaman web yang umumnya berbentuk dokumen HTML.
Web Server Suatu program (dan juga mesin yang menjalankan program) yang mengerti protokol HTTP dan dapat menanggapi permintaan-permintaan dari web browser yang menggunakan protocol.

Macam macam Web Server meliputi:

  1. Apache Web Server - The HTTP Web Server
  2. Apache Tomcat
  3. Microsoft windows Server 2003 Internet Information Services (IIS)
  4. Lighttpd
  5. Sun Java System Web Server
  6. Xitami Web Server
  7. Zeus Web Server


Tetapi web yang terkenal dan yang sering digunakan adalah Apache dan Microsoft Internet Information Service (IIS).

Cara kerja Web Server :
Cara kerja Web Server Web server merupakan mesin dimana tempat aplikasi atau software beroperasi dalam medistribusikan web page ke user, tentu saja sesuai dengan permintaan user.

Hubungan antara Web Server dan Browser Internet merupakan gabungan atau jaringan Komputer yg ada di seluruh dunia. Setelah terhubung secara fisik, Protocol TCP/IP (networking protocol) yg memungkinkan semua komputer dapat berkomunikasi satu dengan yg lainnya. Pada saat browser meminta data web page ke server maka instruksi permintaan data oleh browser tersebut di kemas di dalam TCP yg merupakan protocol transport dan dikirim ke alamat yg dalam hal ini merupakan protocol berikutnya yaitu Hyper Text Transfer Protocol (HTTP). HTTP ini merupakan protocol yg digunakan dalam World Wide Web (WWW) antar komputer yg terhubung dalam jaringan di dunia ini. Untuk mengenal protocol ini jelas sangan mudah sekali dimana setiap kali anda mengetik http://… anda telah menggunakannya, dan membawa anda ke dunia internet. Data yg di passing dari browser ke Web server disebut sebagai HTTP request yg meminta web page dan kemudian web server akan mencari data HTML yg ada dan di kemas dalam TCP protocol dan di kirim kembali ke browser. Data yg dikirim dari server ke browser disebut sebagai HTTP response. Jika data yg diminta oleh browser tidak ditemukan oleh si Web server maka akan meninbulkan error yg sering anda lihat di web page yaitu Error : 404 Page Not Found.

Install CMS

Dalam kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang cara menginstal CMS (dalam hal ini joomla) di linux. Sebelum menginstal joomla ada persyaratan yang harus dilakukan.

Sistem minimum yang dibutuhkan untuk instalasi Joomla adalah:

  1. Apache2
  2. PHP
  3. MySql

Dari ketiga software di atas kita diharuskan mengkonfigurasinya yang tidak mudah dan memerlukan waktu apalagi yang masih awam dengan ketiga hal di atas. Namun, jangan khawatir karena orang awampun dengan mudah dapat menjalankan ketiga aplikasi ini dengan satu paket software yang sudah menyediakan Apache, PHP, dan MySQL. Ada berbagai macam web server saat ini, diantaranya: PHPTriad, EasyPHP, XAMP, Wamp Server, Uniserver, AppServ, dan lain-lain. Untuk tutorial ini, penulis menggunakan WampServer sebagai web server.


Berikut langkah-langkahnya :

1.instalasi phpmyadmin,apache2, dan mysql-server

untuk cek paket : dpkg -l | grep namapaket

namapaket :

- phpmyadmin => database

- mysql-server => database

- apache2 => webserver

- wordpress => CMS

cek file phpmyadmin:

rulz@rulz-laptop:~$ dpkg -l | grep phpmyadmin

cek file mysql-server

rulz@rulz-laptop:~$ dpkg -l | grep mysql-server

cek file apache2

rulz@rulz-laptop:~$ dpkg -l | grep apache2

2. extract wordpress ke dalam folder /var/www/namafolder/

pada namafolder saya isi praktikum => /var/www/praktikum/

3. konfigurasi

jika akan konfigurasi apache menggunakan perintah

rulz@rulz-laptop:~$ cat /etc/apache2/apache2.conf

jika misalnya ingin mengubah isi localhost menggunakan perintah:

rulz@rulz-laptop:~$ cat /etc/apache2/sites-enabled/000-default

4. membuat database menggunakan phpmyadmin

apabila phpmyadmin tidak muncul maka gunakan perintah :

rulz@rulz-laptop :/var/www/praktikum/wordpress$ sudo ln -s /usr/share/phpmyadmin/ /var/www/

5. kemudian buat database baru dari phpmyadmin, misal dgn nama praktikum

6. backup file wp-config-sample.php yang berada di direktori /var/www/praktikum/wordpress dengan perintah :

rulz@rulz-laptop /var/www/praktikum/wordpress$ sudo mv wp-config-sample.php wp-config.php

7. edit isi file dari wp-config menggunakan perintah

rulz@rulz-laptop /var/www/praktikum/wordpress$ vim wp-config.php

edit agar menjadi seperti berikut ini

define(‘DB_NAME’, ‘wordpress’);

/** MySQL database username */

define(‘DB_USER’, ‘root’);

/** MySQL database password */

define(‘DB_PASSWORD’, ‘root’);

/** MySQL hostname */

define(‘DB_HOST’, ‘localhost’);

/** Database Charset to use in creating database tables. */

define(‘DB_CHARSET’, ‘utf8′);

/** The Database Collate type. Don’t change this if in doubt. */

define(‘DB_COLLATE’, ”);

7. kemudian buka pada browser

http://localhost/praktikum/wordpress/wp-admin/install.php

masukan nama email dan password, kemudian isi juga judul blog.maka akan mendapatkan username dan password random.simpan username dan password tersebut karena akan digunakan untuk login blog anda.

8. Setelah berhasil login, anda dapat mulai posting…



BAB 3
KESIMPULAN

Web server adalah software yang menjadi tulang belakang dari world wide web (www). Web server menunggu permintaan dari client yang menggunakan browser seperti Netscape Navigator, Internet Explorer, Modzilla, dan program browser lainnya. Jika ada permintaan dari browser, maka web server akan memproses permintaan itu kemudian memberikan hasil prosesnya berupa data yang diinginkan kembali ke browser. Data ini mempunyai format yang standar, disebut dengan format SGML (standar general markup language). Data yang berupa format ini kemudian akan ditampilkan oleh browser sesuai dengan kemampuan browser tersebut. Contohnya, bila data yang dikirim berupa gambar, browser yang hanya mampu menampilkan teks (misalnya lynx) tidak akan mampu menampilkan gambar tersebut, dan jika ada akan menampilkan alternatifnya saja. Web server, untuk berkomunikasi dengan client-nya (web browser) mempunyai protokol sendiri, yaitu HTTP (hypertext transfer protocol).
Pada Praktikum Linux kali ini saya mempelajari Web server (apache). Dari praktikum ini saya memahami konsep dan fungsi dari web server, memahami cara kerja dan dapat melakukan konfigurasi pada web server (apache), serta dapat melakukan proses upload halaman web ke server.

.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar